BKPSDM Luwu Hadir di Rakor Lintas Sektoral

Belopa - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Luwu hadir memberikan materi pada Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dengan Tema “Netralitas TNI-POLRI, ASN dan Penyelenggara Pemilu Kada” dalam rangka menghadapi Pemilu Kepala Daerah tahun 2024-2025 yang dilaksanakan di Aula Tebbake Tongangnge Polres Luwu. Selasa, (09/07/2024)

Kepala BKPSDM yang diwakili oleh Kabid Mutasi Kepegawaian dan Penilaian Kinerja Aparatur, Irwan, S.Sos. menjelaskan bahwa ASN harus bersikap profesional dan objektif dalam setiap tahapan pemilu kepala daerah. ASN tidak boleh terlibat dalam kegiatan yang bisa mempengaruhi hasil pemilihan atau mendukung salah satu pasangan calon secara tidak netral. Ini bertujuan untuk menjamin bahwa pemilu berlangsung sesuai dengan prinsip demokrasi yang adil dan bertanggung jawab.

Ia juga menyampaikan bahwa untuk memastikan proses pemilihan kepala daerah berjalan adil dan transparan. ASN memegang peran penting sebagai penegak netralitas, dimana ASN harus menjalankan tugas-tugasnya tanpa memihak kepada paslon tertentu. Hal ini sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 dan Permendagri Nomor 6 Tahun 2018 yang mengatur prinsip-prinsip netralitas ASN dalam konteks pemilu.

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk perwakilan dari TNI-POLRI, penyelenggara pemilu, dan para Camat Se Kabupaten Luwu.

Bagikan Berita